Tips dan Trik Membuat Pagar Rumah Lebih Cantik dan Bebas Karat

Posted on

ArenaWanita.com | Tips dan Trik Membuat Pagar Rumah – Pagar besi selain untuk keamanan rumah anda, juga memiliki manfaat untuk mempercantik desain eksterior rumah anda. Hal yang pertama dilihat oleh tamu anda adalah pagar rumah. Oleh karena itu, perlu untuk mempercantik pagar rumah anda sehingga dapat mempercantik rumah anda secara keseluruhan.

Mempercantik pagar berarti mengecat ulang pagar besi rumah anda sehingga menghilangkan karat yang menempel pada pagar rumah. Proses pengecatan pagar ini tidak sesulit yang anda bayangkan, bahkan anda pun bisa melakukannya sendiri ketika memiliki waktu senggang.

Karat merupakan satu penyebab utama yang memperburuk tampilan pagar rumah anda serta membuat pagar besi menjadi cepat rusak. Berikut ini adalah cara pengecatan pagar berkarat yang bisa anda lakukan sendiri ketika akhir pekan.

Pertama-tama adalah gunakanlah ampelas dengan pasir yang berjumlah sedang atau istilahnya medium grift untuk menggosok permukaan pagar besi sehingga karat-karat yang menempel dapat hilang. Ampelas ini juga mampu membersihkan cat yang memang sudah mengelupas. Untuk bagian-bagian pada pagar besi yang susah dibersihkan, anda bisa menggunakan sikat kawat.


Setelah proses pengampelasan ini dirasa cukup, bersihkanlah sisa-sisa ampelas ini dengan kain. Dan segera siapkanlah peralatan untuk mengecat pagar. Sediakan koran untuk diletakkan di bagian bawah pagar yang berfungsi untuk menadah tetesan cat. Selain itu, manfaatkan juga painter’s tape untuk untuk melindungi dinding atau bagian yang lain supaya tidak terkena cat.

Tips dan Trik Membuat Pagar Rumah

Semprotkanlah terlebih dahulu antikarat pada pagar besi, tunggu sampai kering. Pada proses ini, pastikan anda membaca beberapa instruksi yang terdapat pada kemasan antikarat. Atau anda juga bisa menggunakan cat  besi yang sudah mengandung antikarat. Selain itu, lapisan cat primer juga dapat digunakan untuk cat finish yang telah diformulasikan secara khusus di dalam satu kemasan.

Trik Membuat Pagar RumahCantik

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan jika anda memilih cat khusus yang mengandung antikarat, maka tunggulah sampai kering, baru boleh dilapisi lagi dengan cat eksterior. Mulailah mengecat pada bagian atas terlebih dahulu secara perlahan-lahan, kemudian cat sampai bagian bawahnya.

Ketika proses pengecatan pagar ini, jangan lupa untuk menutup area di sekitar pagar agar tidak ada orang-orang yang tidak sengaja merusak pagar yang baru saja anda cat. Singkirkan bagian penutup dan painter’s tape ketika cat sudah kering.

Baca juga:

Satu lagi catatan untuk anda, pastikan anda memegang cat semprot dengan cara yang benar dengan jarak yang cukup antara cat semprot dengan pagar besi. Beberapa hal ini akan memastikan cat tidak menumpuk kemudian menetes.

Demikian adalah tips dan trik untuk mempercantik pagar rumah anda menggunakan cara-cara yang sederhana. Pagar yang cantik adalah pagar yang tidak berkarat. Pagar yang terlihat cantik ini tentunya dapat memperindah tampilan rumah anda.


Kata Kunci Halaman Ini:

tips trik pagar