Tips Membersihkan Wajan Teflon

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Membersihkan Wajan Teflon – Anda tentu bingung ketika wajan yang habis anda gunakan untuk menggoreng ternyata masih menyisakan sisa-sisa gorengan yang masih menempel bukan? Memang peralatan memasak yang berbahan teflon seperti wajan atau panci tidak membuat lengket masakan ketika digunakan. Namun, ternyata tidak semua jenis masakan yang tidak meninggalkan sisa masakan pada teflon anda, terutama wajan.

Ada beberapa menu masakan yang justru meninggalkan noda gosong dan hal tersebut sangat sulit dihilangkan jika hanya dicuci seperti biasanya. Sedangkan untuk membersihkan wajan dengan bahan teflon, tentu tidak sembarangan digosok dengan pembersih yang tajam, karena akan merusak teflon tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk membersihkan teflon yang terkena noda gosong tersebut? Di bawah ini akan disajikan tips membersihkan wajan teflon yang bisa anda ikuti dalam mengatasi permasalahan anda di dapur.

Pertama, yang harus anda lakukan adalah dengan mengisi wajan teflon anda dengan air. Didihkan air yang ada di dalam teflon tersebut di atas api sejenak dan kemudian diamkan dalam waktu kurang lebih 3 menit hingga bagian yang gosong pada teflon anda mulai terkelupas. Setelah itu, diamkan wajan teflon yang telah anda panaskan tadi hingga dingin. Ketika anda mendiamkannya tersebut air dalam wajan tersebut jangan dibuang terlebih dahulu.

Setelah dingin, cucilah dengan sabun biasa agar kerak yang terkelupas tadi mudah untuk dibersihkan. Dalam mencuci wajan teflon anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis dalam air sabun tersebut dan agar lebih efektif dalam membersihkannya anda bisa menggunakan air hangat.

Tips Membersihkan Wajan Teflon

Selain tips di atas, ada lagi tips membersihkan wajan teflon anda yang juga bisa dijadikan alternatif dalam membersihkannya. Untuk anda perhatikan, ketika wajan teflon anda kotor karena sisa masakan yang masih menempel adalah jangan pernah wajan teflon anda direndam di dalam wastafel, karena hal ini akan membuat cepat berkarat dan rusak. Anda bisa langsung mencucinya dengan menggunakan air panas atau air hangat.

Gunakan spons yang kaku. Jangan anda gunakan mesin cuci piring untuk mencucinya, menggunakan sabun, atau spons baja yang dapat merusak bahan teflon milik anda. Untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel pada wajan teflon, anda bisa menggunakan garam, pasta dan air kemudian gosoklah teflon tersebut. Gunakan air panas untuk membuat kotoran pada teflon anda bisa terkelupas.

Baca juga:

Setelah itu, keringkan teflon anda dengan kain serbet yang masih bersih dan letakkan di atas kompor yang menyala. Pastikan api pada kompor anda menyala kecil. Setelah itu, kembali anda gunakan kain yang bersih dan diberi sedikit minyak untuk digosokkan pada teflon anda. Setelah itu, simpanlah teflon anda di tempat yang kering. Nah, mudah bukan? Semoga tips membersihkan wajan teflon di atas memberikan manfaat bagi anda.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara membersihkan teflon, cara mengatasi teflon yang lengket, cara menghilangkan lengket pada teflon, cara menghilangkan noda berkarat pada teflon, cara membersihkan teflon yang gosong, cara menghilangkan noda hitam di teflon, cara menghilangkan karat pada teflon, cara membersihkan bawah teflon, pembersih noda membandel pada Teflon keramik, cara menghilangkan kerak pada teflon