Tips Mencuci Sayuran

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Mencuci Sayuran – Bila anda membeli sayuran baik itu di pasar, di mall, atau di penjaja sayur keliling anda harus mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal ini dimaksudkan agar kotoran apapun yang melekat pada sayuran tersebut hilang. Kotoran-kotoran tersebut berasal dari udara, tanah, atau pestisida.


Memang, dengan mencuci sayuran akan mengurangi kandungan vitamin dan mineral pada sayuran tersebut. Namun, apabila anda mencucinya dengan cara yang tepat maka nutrisi yang ada di dalam sayuran tersebut akan tetap ada. Berikut di bawah ini tips mencuci sayur yang bisa anda ikuti dan praktikkan ketika anda habis membeli sayuran.

Hal yang harus anda lakukan pertama kali sebelum mencuci sayuran adalah dengan mencuci tangan anda dengan sabun dan air tentunya. Dalam mencuci sayuran, jangan memakai sabun atau deterjen, karena kandungan bahan kimia pada sabun dan deterjen tersebut akan membahayakan kesehatan anda.

Ketika membersihkan sayuran, gosoklah sayuran tersebut bila memiliki kulit yang keras. Sayuran yang bisa anda gosok ketika anda cuci, misalnya mentimun atau labu. Gosoklah permukaannya dengan menggunakan sikat khusus pencuci bahan makanan hingga bersih.

Berikutnya, setelah anda cuci kemudian anda keringkan. Keringkan dengan menggunakan kain bersih atau tisu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bakteri yang mungkin tertinggal pada sayuran yang telah anda cuci. Selanjutnya, jangan merendam sayuran yang sedang cuci. Dengan merendam sayurran akan membuat kandungan vitamin serta mineralnya akan terbuang. Apalagi anda merendamnya dalam waktu tertentu.

Tips Mencuci Sayuran

Cucilah sayuran anda pada air yang mengalir agar kotoran-kotoran pada sayuran tersebut hilang. Ketika mencuci sayuran, jika menemukan bagian dari sayuran tersebut ada yang cacat atau tidak anda inginkan, anda bisa memotongnya. Khusus untuk brokoli atau kembang kol dalam mencucinya diperlukan untuk direndam terlebih dahulu. Hal tersebut diperlukan agar kotoran yang menempel bisa segera hilang dan kemudian anda bisa langsung bilas di bawah air mengalir.

Baca juga:

Kesadaran yang semakin tinggi akan bahaya pestisida terhadap sayuran memberikan pemahaman yang baik akan pentingnya mencuci sayuran sebelum dikonsumsi. Meski dalam mencuci sayuran tidak menghilangkan secara total, namun cukup efektif dalam meminimalkan sisa pestisida yang mengendap pada sayuran tersebut. Hal ini sangat membahayakan kesehatan anda. Dengan akumulasi pestisida yang terdapat pada tubuh anda dalam waktu yang panjang akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan anda.

Anda juga bisa mencuci sayuran dengan sabun khusus untuk sayur dan buah-buahan yang banyak dijual di supermarket. Dengan menggunakan sabun khusus food grade ini akan mengurangi residu pestisida yang masih menempel pada sayuran. Demikianlah tips mencuci sayur yang bisa anda ketahui. Dengan mencuci sayuran tentu akan mengurangi dampak negatif yang membahayakan kesehatan anda.


Kata Kunci Halaman Ini:

membersih sayur dari peptisiada dan votamin yang ada di sayur tetap ada