Tips Mengatasi Susah Tidur Malam

Posted on

ArenaWanita.comTips Mengatasi Susah Tidur Malam | Kesulitan memejamkan mata dan berkurangnya waktu tidur memang seringkali terjadi. Hal ini juga disebabkan oleh adanya kesibukan yang mampu memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.


Selain menambah berat badan, susah tidur atau insomnia juga tidak baik bagi wajah karena akan menimbulkan adanya efek kusam dan kantung mata dengan bayangan gelap. Inilah beberapa alasan yang menjadikan insomnia tidak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Selain itu, kurang tidur pada dasarnya juga bisa mengakibatkan kurangnya konsentrasi sehingga dalam beberapa aspek menjadikan aktivitas Anda terganggu. Untuk mengatasinya, akan diulas beberapa tips mengatasi susah tidur malam seperti di bawah ini.

Beberapa tips mengatasi susah tidur malam yang perlu Anda terapkan :

Hindari kafein

Tips mengatasi susah tidur malamyang pertama adalah mengurangi konsumsi kafein di malam hari. Tak hanya itu, ada baiknya juga Anda menghindari minuman soda dan teh setidaknya enam jam sebelum pergi tidur. Sebagai gantinya, susu hangat bisa pula menjadi salah satu alternatif untuk cepat terlelap.

Menciptakan suasana tidur yang lebih kondusif

Ada kalanya Anda mendengarkan musik, membaca buku bacaan ringan, atau mandi air hangat sebelum tidur. Beberapa aktivitas tersebut biasanya ampuh untuk proses relaksasi sebelum tidur.

Tips Mengatasi Susah Tidur Malam

Tingkatkan kenyamanan kamar tidur

Ketenangan, kenyamanan, kebersihan akan menjadikan unsur pemicu rasa kantuk. Ada kalanya sebelum tidur Anda menjauhkan diri dari ponsel dan mematikan lampu. Keadaan gelap dan ketenangan tanpa dering ponsel bisa membantu mata untuk segera terpejam.

Memperhatikan suhu ruangan

Biasanya rungan tertidur harus disesuaikan dengan keadaan cuaca. Ketika dingin, pilih selimut yang nyaman untuk menutupi tubuh Anda, atau nyalakan kipas angin atau air conditioner pada suhu yang sejuk ketika cuaca sedang panas.

Meninggalkan beban pikiran sebelum masuk kamar

Pekerjaan Anda yang belum selesai sebaiknya tidak Anda bawa hingga ke tempat tidur. Hal ini akan menjadikan Anda mengulur waktu lebih lama untuk tidur. Perlu sekali Anda tekankan dalam diri Anda bahwa beban pikiran dan stres seluruhnya hanya boleh sampai di depan pintu kamar. Menjadikan kamar sebagai tempat kerja kedua bukanlah hal yang direkomendasikan.

Relaksasi sebelum tidur

Mungkin hal ini sangat sepele, tapi ada baiknya pula jika Anda mencobanya. Anda bisa menarik dan membuang nafas dalam-dalam dengan cara perlahan hingga merasa rileks. Hal ini mampu memicu tubuh dan pikiran untuk lebih rileks.

Baca juga:

Itulah beberapa tips mengatasi susah tidur malam yang bisa Anda terapkan dalam keseharian Anda. Kini Anda tak perlu lagi begadang hingga pagi menjelang, sebab fisik dan pikiran Anda harus diistirahatkan karena telah bekerja seharian. Dengan begitu, Anda akan lebih bugar karena pola hidup yang lebih teratur.


Kata Kunci Halaman Ini:

darah o susah tidur malam