Tips Meningkatkan Kekebalan Bayi

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Meningkatkan Kekebalan Bayi – Bayi tentunya memiliki sistem kekebalan yang berbeda dengan orang dewasa. Pada bayi sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk secara sempurna, yang akibatnya bayi akan mudah sekali terserang penyakit.

Sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem pertahanan yang pertama kali dilakukan tubuh manusia ketika suatu penyakit datang atau adanya infeksi lain yang menyerang tubuh.

Bagi orang tua, terutama anda yang memiliki bayi tentu sudah seharusnya menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh bayi anda supaya tidak mudah terserang penyakit dan bayi anda tetap sehat. Karena bayi sangat lah rentan terserang bakteri atau virus ketika bayi anda sedang bermain di tempat yang kurang bersih atau memegang mainannya yang belum tentu bersih. Ada tips meningkatkan kekebalan tubuh bayi yang bisa anda coba untuk menjaga bayi anda tetap sehat.

ASI eksklusif

Satu-satunya asupan gizi yang paling baik bagi bayi adalah ASI. Bagi anda yang memiliki bayi, sangat-sangat disarankan untuk memberikan asupan ASI eksklusif hingga usia bayi 6 bulan. ASI terbukti mengandung bakteri yang menguntungkan dan sangat dibutuhkan untuk bayi. Bakteri tersebut membentuk mikroflora di usus yang sangat penting untuk daya tahan tubuh bayi. ASI juga berperan dalam melindungi bayi dari ancaman infeksi pada telinga, diare, alergi, pneumonia, infeksi di saluran urine, dan yang paling berbahaya adalah sudden infant death syndrome atau kematian bayi secara mendadak. Manfaat ASI lainnya yaitu mampu mengembangkan sel otak serta mencegah diabetes.

Memberikan nutrisi pada bayi secara lengkap

Setelah masa pemberian ASI eksklusif telah lewat, maka saatnya anda mengenalkan bayi anda pada beberapa makanan yang semi padat dan diberikan secara perlahan dan secara bertahap agar bayi mampu beradaptasi. Ketika memberikan asupan tambahan pada bayi anda, perhatikan terlebih dahulu kandungan gizi yang terdapat pada makanan tersebut. Penting bagi anda untuk mengetahui kandungan gizi pada makanan bayi tersebut, untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Makanan yang bisa anda berikan pada bayi anda diantaranya sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dan betakaroten yang terdapat pada wortel dan jeruk. Vitamin C dan betakaroten ini berfungsi untuk menangkal berbagai virus yang mengancam dan membantu dalam berkembangnya sel baru.

Tips Meningkatkan Kekebalan Bayi

Waktu tidur yang cukup untuk bayi anda

Dengan kebutuhan tidur pada bayi anda yang cukup, akan membuat kekebalan tubuhnya meningkat. Ketika bayi anda tidur, di dalam tubuhnya akan membangun sel-sel baru yang dapat menangkal muncul virus dan mikroba. Durasi tidur untuk bayi anda selama 16 – 18 jam setiap hari. Dengan tidur yang cukup akan dapat meningkatkan sistem imunitas pada bayi anda.

Pola hidup bersih

Seorang bayi akan sangat mudah untuk terserang virus serta bakteri. Maka dari itu, bila ingin bersentuhan dengan bayi anda, biasakanlah untuk mencuci tangan anda. Terutama ketika anda selesai melakukan aktivitas di luar ruangan atau setelah anda usai menyentuh apapun yang kebersihannya belum terjamin. Kebanyakan bayi mudah terserang penyakit demam, batuk, pilek, dan diare yang penyebabnya berasal dari tangan bayi sendiri dan juga tangan-tangan orang yang ada di sekelilingnya ketika bersentuhan.

Baca Juga: