Tips Menyimpan Makanan di Freezer

Posted on

ArenaWanita.comTips Menyimpan Makanan di Freezer | Kulkas atau lemari pendingin sangat efektif untuk menyimpan makanan. Tujuannya agar makanan yang tersimpan tersebut bisa tahan lama. Namun, hal itu tidak berlaku bagi semua makanan.


Untuk buah-buahan, tetap saja meskipun disimpan di dalam lemari pendingin tidak bisa bertahan lama. Ada beberapa tips menyimpan makanan di freezer agar tetap segar yang dapat anda ketahui.

Cara ini sangat sederhana dan bisa anda lakukan sendiri. Kita sering mendapati bahan makanan yang ada di dalam kulkas sudah tidak segar lagi sehingga tidak sempat diolah menjadi masakan. Berikut ini, ada tips menyimpan makanan di freezer yang tetap segar dan tahan lama.

Rajin membersihkan kulkas

Kulkas yang senantiasa bersih akan membuat bahan makanan yang ada di dalamnya akan tetap terjaga kebersihannya. Dan terutama tidak tercemar oleh bahan makanan yang telah membusuk di dalamnya. Bila anda mendapati bahan makanan yang membusuk, segeralah buang agar tidak mengontaminasi bahan makanan lainnya. Pastikan pula, di dalam kulkas tersebut tidak ada air yang menggenang. Air yang menggenang di dalam kulkas akan mempercepat proses pembusukan pada bahan makanan, utamanya sayuran dan buah-buahan.

Kentang

Tips berikut untuk menyimpan makanan di freezer agar tetap segar, yaitu dengan menggunakan kentang. Kentang bermanfaat untuk menyerap bau busuk dari bahan makanan atau makanan yang telah diolah dan dimasukkan ke dalam kulkas. Caranya adalah dengan menempatkan belahan kentang di beberapa tempat dalam kulkas. Belahan kentang tersebut dapat menyerap bau busuk yang ditimbulkan oleh bahan makanan serta olahan makanan yang ada di dalam kulkas. Anda bisa mengganti belahan kentang tersebut setiap 3 hari sekali.

Tips Menyimpan Makanan di Freezer

Telur

Telur yang anda simpan di kulkas ada cara yang bisa anda lakukan, yaitu simpanlah telur dengan ujung yang kecil berada di bawah. Dengan cara demikian, dipastikan bahwa kantung udara yang letaknya di atas tidak akan tertekan oleh berat dari telur. Sehingga telur tidak akan pecah, bila telur pecah tentu akan mempercepat proses pembusukan telur.

Tomat dan mentimun

Menyimpan tomat dan mentimun di kulkas, hendaknya diletakkan di tempat yang berbeda. Karena tomat mampu mengeluarkan gas yang dapat membuat timun menjadi cepat busuk. Sebaiknya tempat menyimpan tersebut dilapisi koran atau kertas sebagai alasnya. Tujuannya agar tomat dan timun tetap kering dan membuatnya lebih awet dan tetap segar.

Apel

Hal yang harus anda perhatikan ketika menyimpan apel di dalam kulkas adalah jangan dicampur dengan buah-buahan lainnya terutama buah-buahan yang telah matang. Karena sama halnya tomat, apel juga mengeluarkan gas tertentu yang menyebabkan buah-buahan dan sayuiran akan cepat membusuk. Simpanlah apel bersama dengan buah-buahan yang belum terlalu matang agar proses pematangan buah bisa menjadi lebih cepat.

Baca juga:

Itulah sedikit tips yang bisa anda ketahui untuk menyimpan makanan di freezer. Semoga memberikan manfaat dan pengetahuan yang baru bagi anda.


Kata Kunci Halaman Ini:

cara membersihkan darah freezer, cara menyimpan bahan makanan yang telah diolah, cara menyimpan buah, cara menyimpan makan yang telah diolah, cara menyimpan timun, olahan makanan di freezer, olahan makanan yg diolah di kulkas