Tips Merawat Gigi Bayi

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Merawat Gigi Bayi – Sangat penting sekali bagi anda untuk mengajarkan anak-anak anda untuk menyikat giginya setiap hari. Dengan memberikan pengajaran dini mengenai pentingnya sikat gigi kepada anak-anak anda, maka di masa mendatang anak anda akan terhindar dari penyakit gigi. Melakukan perawatan yang baik terhadap gigi pada bayi anda sangat penting.


Dengan menanamkan kebiasaan yang baik di tahap-tahap awal kehidupan anak anda secara tidak langsung akan membantu untuk mencegah berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan gigi. Berikut ini ada beberapa tips merawat gigi bayi yang bisa anda jadikan referensi.

1. Menanamkan kebiasaan untuk membersihkan gigi sejak awal

Anda harus menanamkan kebiasaan untuk membersihkan gigi pada bayi anda sedini mungkin. Hal itu untuk menghindarkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan gigi dan gusi pada bayi anda. Cara yang bisa anda lakukan adalah gusi dan gigi bayi anda dibersihkan dengan menggunakan kain basah setelah bayi anda selesai makan.

2. Menggunakan pasta gigi berfluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride bisa anda gunakan setelah bayi anda mulai tumbuh gigi susunya. Bayi di usia 6 bulan biasanya gigi susunya sudah mulai tumbuh, dengan menggunakan pasta gigi berfluoride, maka akan membantu untuk mencegah serta mampu mengendalikan kerusakan pada gigi bayi anda. Sedangkan untuk anak yang berusia di bawah 3 tahun anda setidaknya menggunakan pasta gigi berfluoride dengan 1000 ppm fluoride, dan anak di usia antara 3 – 6 tahun pasta gigi yang digunakan mengandung sekitarnya 1350 – 1500 ppm. Dan anda juga harus memastikan pada anak anda untuk tidak menjilat atau memakan pasta gigi tersebut.

3. Ajarkan teknik menyikat gigi yang tepat

Sangat penting bagi anda untuk mengajarkan teknik menyikat gigi yang tepat kepada anak anda. Dengan mengetahui cara menyikat gigi yang benar, juga akan membantu anda untuk membiasakan pada anak anda akan kebersihan pada mulut dan gigi anak anda. Dalam mengajarkannya, anda tidak perlu mengajarkan teknik menyikat yang rumit, melainkan cukup dengan melakukan langkah sederhana dengan penjelasan tentang cara memegang sikat gigi dan gerakan menyikat yang benar.

Tips Merawat Gigi Bayi

4. Flossing

Untuk kesehatan gigi, sangat penting dilakukan flossing. Dengan melakukan flossing yang baik akan mampu menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi anak anda. Memang hal ini sangatlah sulit. Namun dengan melakukan hal ini maka akan membantu dalam mencegah kerusakan pada gigi serta bau mulut. Flossing yang dilakukan pada anak anda ketika anak anda telah tumbuh dua gigi gerahamnya yakni pada usia 2,5 – 3 tahun.

5. Makan makanan bergizi

Dengan makan makanan yang bergizi sangat lah penting untuk menjaga kesehatan giginya. Kegemarannya makan makanan yang manis seperti permen akan menyebabkan gigi berlubang. Bila anda membiasakan pada anak anda untuk minum jus, maka akan banyak keuntungan yang akan anda dapat. Di samping bergizi dengan mengonsumsi jus tidak akan menyebabkan gigi pada anak anda berlubang. Selain itu, dengan makan seperti buah-buah dan sayur-sayuran, susu merupakan pilihan menu makanan sehat yang dapat dijadikan menu makan bagi anak anda untuk kesehatan mulut.

6. Selalu memeriksakan ke dokter gigi

Setidaknya ketika anak anda berusia 2 tahun, anda harus membawanya ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan rutin. Dengan melakukan pemeriksaan rutin tersebut maka akan membantu anda untuk membiasakan diri pada anak anda terhadap lingkungannya serta melakukan identifikasi untuk bisa mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh gigi yang tidak sehat tanpa harus memberikan pengobatan yang sulit.

Baca juga:

Apakah tips merawat gigi bayi di atas sudah cukup jelas dan bisa anda praktikkan? Anda bisa melakukan upaya pencegahan sedini mungkin terhadap kesehatan gigi bayi anda. Dengan tips di atas, semoga akan memberikan manfaaat dan anak anda akan terhindar dari penyakit gigi yang serius.