Inilah Tips Merawat Rambut Berdasarkan Jenisnya yang Ampuh

Posted on

ArenaWanita.com – Memiliki rambut indah dan sehat seperti Sandra Bullock, Emma Stone dan Scarlett Johansson merupakan impian bagi setiap wanita. Tapi bagaimana rasanya jika kita mendapati rambut yang kita idamkan ternyata mengalami kerontokan dan terasa kasar saat kita belai, serta ketombe yang banyak berjatuhan saat kita memakai pakaian hitam.


Berbagai macam cara telah banyak dilakukan, seperti penggunaan shampo yang paling mahal hingga salon-salon kecantikan telah didatangi demi mendapatkan penampilan rambut yang sempurna. Namun hasilnya masih jauh dari harapan dan setelah itu mungkin kita akan bertanya-tanya.

Bagaimana sih cara merawat rambut yang benar? Nah, berikut ini ArenaWanita.com akan memberikan tips bagaimana cara merawat rambut dengan baik berdasarkan jenis rambut anda.

Rambut Kering dan Kasar

Jika kita memiliki jenis rambut yang kasar, untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan shampo yang mengandung kelapa dan susu. kandungan lemak pada kedua bahan tersebut mampu melembutkan rambut anda yang kasar.

Rambut Kering dan Kasar

Jangan lupa untuk memakai Conditioner sehabis keramas agar rambut semkain lembut. Untuk hasil yang maksimal gunakan Vitamin rambut yang efektif melembutkan rambut dan lakukan perawatan ini minimal 1 kali dalam 2 sampai 4 minggu.

Rambut Bercabang

Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang adalah keadaan ujung rambut yang sangat kering. Untuk mengatasinya dengan menggunakan Conditioner serta Vitamin rambut. Ketika rambut bercabang lakukanlah trim disalon kecantikan untuk menghilangkan ujung rambut, namun kita juga dapat melakukannya sendiri dirumah.

Rambut Lepek dan Berminyak

Rambut Lepek dan Berminyak

Rambut menjadi lepek karena kandungan minyak pada rambut sangat banyak. Untuk mengatasi rambut yang lepek adalah dengan menggunakan shampo yang menggunakan Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis, karena ekstak jeruk lemon atau jeruk nipis dapat mengurangi produktivitas minyak dalam rambut. Berbeda dengan rambut yang kasar, rambut lepek tidak dianjurkan untuk memakai Conditioner setelah berkeramas.

Rambut Berketombe

Rambut Berketombe

Ketombe timbul karena kulit kepala kita kering biasanya menyebabkan rasa gatal pada kepala. Untuk mengatasi rambut yang berketombe adalah dengan menggunakan shampo khusus anti ketombe, tetapi kita jangan terlalu sering menggunakan shampo anti ketombe. Karena biasanya shampo tersebut mengandung bahan – bahan yang lebih keras dibanding shampo biasa.

Jadi sebaiknya gunakan shampo anti ketombe secara berselang-seling dengan shampo biasa. Ada juga cara tradisional untuk mengatasi ketombe pada rambut yaitu dengan menggunakan buah Mengkudu. Caranya buah mengkudu dibuat jus kemudian dioleskan ke kulit kepala hingga merata., diamakan selama 15 menit kemudian bilaslah dengan air hangat.

Baca juga:

Nah itulah tadi tips cara merawat rambut berdasarkan jenis rambut yang bisa ArenaWanita.com informasikan. Ingat, semua cara ini bisa berhasil jika anda melakukannya secara rutin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.