Tips Perawatan Rambut Rontok yang Praktis dan Alami

Posted on

ArenaWanita.com – Kebayang nggak sih, rambut lebat yang tadinya kita miliki dan selama ini menjadi mahkota penampilan kita, lambat laun mulai rontok satu persatu. Jika dibiarkan kerontokan tersebut akan semakin parah dan bisa menyebabkan kebotakan permanen.

Agar rambut terhindar dari kerontokan dan selalu terjaga kondisinya agar selalu sehar, maka perlu melakukan beberapa perawatan rambut rontok. Namun, jangan sembarangan dalam melakukannya, karena tidak semua aman dan terbukti berhasil.

Tips Perawatan Rambut Rontok yang Praktis dan Alami

Kali ini, akan saya bahas beberapa tips perawatan rambut rontok yang praktis dan alami. Mengapa yang praktis, karena kebanyakan masyarakat sekarang sibuk dan tidak mempunyai waktu yang banyak, semakin praktis sesuatu hal, maka itu yang akan dipilihnya.

Kemudian alasan mengapa mengambil perawatan secara alami? Karena perawatan yang alami sangat baik untuk kesehatan rambut dan tidak menimbulkan efek samping seperti halnya pengobatan dan perawatan menggunakan obat obatan yang mengandung bahan kimia.

Oke, langsung saja kita kepada pokok pembahasannya! Tips perawatan rambut rontok praktis dan alami yang dimaksud antara lain :

  • Gunakan Kondisioner

Ada banyak pilihan kondisioner yang terbuat dari bahan herbal dan alami.  Untuk mencegah rambut rontok, maka gunakanlah kondisioner setiap kali Anda keramas. Karena, penggunaan shampoo yang terlalu sering akan membuat kulit kepala kehilangan minyak alami yang biasa diproduksinya untuk melindungi dan menjaga helai rambut. Dengan menggunakan kondisioner, maka rambut yang dimiliki akan terasa lebih lembut, dan memudahkan kita saat menyisirnya.

Tips Perawatan Rambut Rontok yang Praktis dan Alami

  • Gunakan Minyak Berbahan Alami

Minyak Zaitun, minyak argan dan minyak kelapa adalah beberapa jenis minyak alami yang akan membuat rambut lebih sehat, kuar dan juga tidak mudah rontok atau patah. Cara menggunakannya juga mudah, yaitu cukup oleskan minyak tersebut ke seluruh rambut setiap seminggu sekali. Rasakan perbedaannya setelah membiasakan kegiatan tersebut.

  • Serum Anti Rontok

Jika kita berbelanja di supermarket atau mall, maka jangan lupa untuk mampir ke stand kecantikan atau perawatan rambut, karena disana pasti dijual berbagai macam serum anti rontok yang bisa Anda coba. Serum ini sangat dibutuhkan rambut mengingat berbagai aktivitas masyarakat masa kini yang cenderung bisa membuat rambut mudah rusak dan rontok.

Selain beberapa tips perawatan rambut rontok di atas, maka langkah Anda akan lebih terbantu dengan menghindari beberapa penyebab yang membuat rambut rapuh, tidak sehat, dan rontok. Hal yang harus dihindari selama melakukan perawatan rambut rontok antara lain :

  • Jangan Terlalu Kencang Saat Mengikat Rambut

Di sebagian perusahaan, ada tuntutan kaum wanita untuk menggunakan cepol atau hair net saat bekerja. Alasannya agar rambut tampak lebih rapi dan tidak dibiarkan terurai. Jika Anda termasuk wanita yang mendapatkan tuntutan tersebut, sebaiknya jangan terlalu kencang saat mengikat rambut Anda di waktu menggunakan cepol, karena hal ini akan membuat akar rambut tertarik hingga membuatnya lemah.

  • Cermat Dalam Penggunaan Sisir

Setelah keramas atau di saat rambut pada keadaan basah, adalah kondisi dimana akar rambut yang rapuh. Untuk menjaga kestabilan akar rambut, maka jangan dibiasakan untuk menyisir rambut terlalu cepat dan kuat. Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan sisir dengan gigi yang jarang, agar rambut Anda tidak kusut juga bisa menghindari hal yang tidak diinginkan dengan rambut yang Anda miliki.

Baca juga:

Sebenarnya, masih banyak tips dan tindakan pencegahan rambut rontok lain yang bisa kita lakukan. Namun sebagai awal, silahkan lakukan perawatan rambut rontok di atas dengan tekun, agar rambut sehat dan lebat bisa Anda miliki.

Baca Juga: