Tips Ruang Keluarga Selalu Rapi dan Nyaman

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Ruang Keluarga Selalu Rapi dan Nyaman – Di setiap rumah pastinya memiliki ruang keluarga yang biasanya di tengah rumah. Di setiap rumah pasti terdapat  ruang keluarga.

Mengapa? Karena ruang keluarga sangatlah penting bagi yang penghuni rumah agar leluasa diskusi  dan berkumpul di ruangan tersebut. Ruang keluarga merupakan sebuah ruangan yang berguna sebagi tempat berkumpul serta beraktivitas keluarga.

Dapat dikatakan ruangan yang satu ini selalu saja berantakan dan kurang rapih, jangan heran itu terjadi. Namun terdapat beberapa trik untuk menata ruangan  anggota keluarga agar selalu rapih dan nyaman ketika berkumpul, yang dikutip dari Gal Time :

1. Anda memilih furniture yang baik dan tepat

Sedikit saran untuk menempatkan satu furniture berukuran yang besar yang dapat digunakan untuk meletakkan barang. Misalnya guci, dapat digunakan untuk payung, lemari yang dapat digunakan oleh sesuatu yang memang harus diletakkan di lemari di usahakan lemarinya yang banyak laci dan rak.Sehingga anda tidak banyak menyimpan banyak furnitur yang dapat membuat ruangan keluarga anda semakin sumpek dan sempit’. Saran dari James Swan, penulis buku ‘101 Things I Hate About Your House’.


2. Tempatkan satu saja meja yang kecil dilengkapi dengan rak dengan tingkat atau laci di bagian bawahnya.

Menurut Jill Banks, pendiri dan konsultan desain Happily Better After, meja dengan rak dan laci dapat digunakan untuk menaruh benda-benda kecil sepeti remote control, kartu permainan atau baterai.

Tips Ruang Keluarga Selalu Rapi

3. Sebaiknya anda menggunakan perabotan Non-permanen.

Lemari atau rak merupakan termasuk furniture permanen yang sulit untuk berpindah-pindah. Dan biasanya lemari berukuran besar sehingga sulit untuk digeserpun. Sedangkan perabotan Non-permanen tersebut merupakan bahan yang mudah untuk dipindah- digeser saat memang dibutuhkan sekali. Jenis perabotan tersebut seperti berupa keranjang rotan atau lipat, bisa juga guci yang berukuran besar. Benda tersebut dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang sehingga dapat disimpan dengan rapih.

Tips Ruang Keluarga Selalu Rapi dan Nyaman

4. Biasanya jika anda memiliki anak suka menonton TV dari VCD karena biasanya cenderung ingin menonton yang itu-itu saja sehingga CD suka di acak akhirnya amburadul.

Sebaiknya anda keluarkan DVD dan CD dari kotak dan sebaiknya disimpan di dalam binder dan diletakkan di rak khusus sebagai tempat DVD dan CD. Cara ini akan menghemat waktu dan ruangan. Tanpa harus merapihkan kepingan CD yang terceceran .

5. Biasanya di ruangan keluarkan terdapat banyak kabel, baik itu kabel TV ataupun yang lainnya.

Sebaiknya anda membeli kotak khusus yang dapat digunakan untuk menyimpan kabel yang besar. Tidak hanya kabel yang dapat disimpan dalam kotak tersebut bisa juga adaptor, atau charge ponsel. Karena biasanya kabel-kabel seringkali berserakan di lantai dan tentunya sangatlah tidak sedap untuk dipandang dan ruangan akan terlihat sempit.

6. Sebaiknya anda memilih alat elektronik dengan tampilan yang slim atau ramping.

Misalnya TV yang tipis agar menghemat ruangan dan tempat yang kosong.