Trik Menyiasati Dapur Sempit Agar Tampak Lebih Luas

Posted on

ArenaWanita.com | Trik Menyiasati Dapur Sempit Agar Tampak Lebih Luas – Setiap ukuran ruangan dalam rumah akan mengikuti dari ukuran rumah itu sendiri. Jika rumahnya berlahan luas tentunya setiap ruang di dalamnya akan berukuran luas juga.

Sebaliknya, jika ukuran rumah ada pada lahan yang sempit tentunya, ruangan yang ada di dalam rumah pun akan ikut sempit pula. Seperti yang terjadi pada area dapur yang sempit. Dengan dapur yang sempit tentunya aktivitas kita di dapur sempit akan tidak bebas dan sangat terbatasi, bukan? Berikut trik agar dapur terlihat lebih luas:

  • Pencahayaan yang tepat, yaitu dengan cahaya penerangan yang mengarah ke meja dapur dapat membuat keseluruhan ruang dapur terlihat lebih luas. Trik lainnya yang berkaitan dengan pencahayaan, pilihlah warna-warna yang cerah saat hendak mendekor dapur.
  • Tempat penyimpanan yang tepat, yaitu dalam kasus dapur yang sempit, kabinet yang memiliki banyak rak dengan pintu yang bisa ditarik bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Jika sedang tidak digunakan, pintu kabinet dapat didorong kembali, jadi bisa menghemat area ruangan. Bahan makanan pun bisa disimpan di dalamnya, kebersihan pun terjaga di dalamnya.
  • Modifikasi kabinet, yaitu kita bisa memodifikasi kabinet lama yang terbuat dari kayu dirubah menjadi kabinet yang berdetail kaca pada bagian pintu. Nah, kaca itu bisa kita tempelkan di atas pintu kayu dan juga menggantinya secara keseluruhan. Seperti yang kita tahu bahwa kaca atau cermin itu bisa memberikan efek ruangan menjadi lebih luas.
  • Pemandangan luar ruangan, yaitu kita bisa membuat jendela dapur yang berukuran besar menghadap ke luar rumah. Jadi kita bisa melihat pemandangan saat sedang masak atau beraktivitas di dapur. Lagi-lagi jendela (berhubungan dengan kaca), akan membuat ruangan dapur menjadi lebih luas.
  • Kabinet tinggi, yaitu kabinet yang memiliki tinggi mencapai langit-langit dapur dapat memuat banyak peralatan dapur kita tanpa membuat dapur kita menjadi sempit. Taruh peralatan atau perabotan dapur yang sering kita gunakan di rak bagian bawah kabinet. Karena akan memudahkan kita untuk menjangkau peralatan dapur. Sedangkan peralatan dapur seperti piring koleksi, gelas, mangkok, dan sebagainya bisa ditaruh di bagian atas, dimana kita jarang menggunakannya.

Trik Menyiasati Dapur Sempit

  • Kurangi peralatan dapur, yaitu dapur yang Berantakan biasanya disebabkan oleh peralatan dapur ada dimana-mana. Oleh karena itu rapikan peralatan dapur, jika ada yang rusak buanglah atau jika ada yang tak terpakai bisa diberikan pada orang lain.
  • Laci penyimpanan, yaitu jika sudah selesai dicuci simpanlah peralatan dapur di dalam laci yang letaknya tidak jauh dari wastafel. Jika tidak ada lacinya atau belum punya, kita bisa membelinya di toko-toko yang menjual peralatan rumah tangga.
  • Bangun ruang makan, yaitu bangun ruang makan terpisah dengan ruangan dapur, karena jika dijadikan satu akan terlihat sangat sempit.
  • Kosongkan meja dapur, yaitu jika sudah selesai menggunakan peralatan dapur bersihkanlah dan masukkan ke dalam laci penyimpanan. Hal ini tentunya akan membuat meja dapur terlihat bersih dan rapi.

Trik Menyiasati Dapur Sempit Agar Tampak Lebih Luas


  • Buatlah rak terbuka, yaitu buat rak terbuka yang menempel di dinding untuk menempatkan koleksi piring, gelas, dan sebagainya.
  • Dinding terbuka, yaitu agar terlihat lebih luas meskipun ruang dapur dan ruang makan dipisah, namun usahakan dinding sekatnya terbuka.

Kata Kunci Halaman Ini:

menyiasati dapur sempit agar tampak luas, cara mensiasati dapur sempit, cara menyiasati dapur sempit, menyiasati dapur srmpit