Tujuh Negara Dibikin Dongkol, Inikah SEA Games Paling Buruk Dalam Sejarah?

Posted on

ArenaWanita.com – Tidak cuma Indonesia, berikut 7 negara paling kecewa pada penyelenggaraan SEA Games 2017 di Malaysia. No 4 paling dongkol! Insiden salah bikin serta terbaliknya gambar bendera Indonesia, Merah Putih di buku tips SEA Games 2017 serta koran Malaysia jadi pemantik kemarahan beberapa orang.

Hal semacam ini pertama kalinya di ketahui oleh Menteri Pemuda serta Berolahraga Indonesia Imam Nahrawi. Menpora Imam Nahrawi segera mengunggah temuannya ini di akun Twitter nya @imam_nahrawi. Banyak beberapa orang Indonesia yang lalu ketahui kelalaian pihak Malaysia ini.

Tujuh Negara Dibikin Dongkol, Inikah SEA Games Paling Buruk Dalam Sejarah

Netizen Indonesia lalu meluapkan kekecewaan serta kemarahan kepada pihak Malaysia lewat tulisan di sosial media. Menyikapi kekeliruan yang di buat Malaysia ini netizen lalu ramai-ramai buat tweet dengan tagar #ShameOnYouMalaysia.

Tagar #ShameOnYouMalaysia ini menyuarakan kekecewaan mereka pada Malaysia. Kemarahan serta kekecewaan ini selalu berkembang mulai sejak wasit asal Malaysia dalam kompetisi sepak bola Indonesia VS Timor Leste memberi ketentuan tidak lumrah.

Begitu halnya kompetisi sepak takraw putri, di mana buat kontingen Indonesia pilih walk out. Nyatanya bukan sekedar Indonesia saja yang terasa dirugikan pihak Malaysia jadi tuan-rumah penyelenggara SEA Games 2017.

Berdasar pada pencarian Tribun Model, paling tidak ada 7 negara yang terasa paling dirugikan Malaysia di SEA Games 2017.

1. Filipina

Filipina memanglah tidak segera dirugikan oleh pihak tuan-rumah penyelenggara SEA Games 2017, Malaysia. Namun sebagian atlet dari Filipina turut ikut serta dalam satu kecelakaan bus yang beberapa waktu terakhir berlangsung. Seperti dikabarkan oleh Worldofbuzz. com (21/8/2017) dua bus yang mengangkut 13 atlet Squash SEA Games alami kecelakaan.

Bus yang kecelakaan itu membawa pemain cabang berolahraga Squash. Robert Bachmann, ketua Asosiasi Squash Rackets Filipina menyebutkan pada ABS CBN News kalau atlet Myanmar menanggung derita luka enteng.

Kecelakaan ini buat beberapa kompetisi cabang berolahraga Squash dipending.

2. Thailand

Sebagian kerugian terkena oleh Thailand berkaitan kekeliruan serta kelalaian tuan-rumah SEA Games 2017 Malaysia. Pertama, ditulis dari sport. saat ini. id, bendera dan penamaan negara Indonesia serta Thailand juga di ketahui tertukar.

Hal tersebut diketemukan di buku tips dalam upacara pembukaan SEA Games 2017. Kekeliruan ini berada di buku tips halaman 40, yang berisi data negara-negara sebagai juara umum Sea Games.

Ke-2, pemain Squash Thailand turut ikut serta dalam kecelakaan bus sama dengan Filipina serta Myanmar. Menurut Worldofbuzz. com, sebagian atlet Thailand menanggung derita luka bakar karena kecelakaan itu.

3. Myanmar

Nasib Myanmar sesungguhnya sebelas dua belas dengan Indonesia tentang dirugikan oleh Malaysia. Pertama, karna ticket terbatas pendukung Myanmar hingga nonton diluar stadion dalam kompetisi Myanmar VS Laos.

Disamping itu diluar stadion tidak disiapkan layar-lebar untuk melihat.

” In Myanmar Vs Laos match they didn’t sell tickets enough for audience and have to watch outside of the fase like this #ShameOnYouMalaysia ” tweet @minaspeach_0324.

Ke-2, waktu tim putri Myanmar menaklukkan Malaysia 5-0 hal tidak mengasyikkan di terima kontingen Myanmar. Mereka terlambat kembali pada hotel serta terancam terlantar sampai larut malam karna tak ada sopir bus yang mengantarkan ke hotel.

Diluar itu, pemain Squash Myanmar juga turut ikut serta dalam kecelakaan bus sama dengan Filipina serta Thailand. Menurut Worldofbuzz. com, sebagian atlet Myanmar menanggung derita luka enteng di kecelakaan itu.

4. Indonesia

Mungkin saja Indonesia yaitu negara yang paling banyak dirugikan Malaysia dalam SEA Games 2017. Sampai banyak yang katakan perselisihan Malaysia serta Indonesia seperti dendam kesumat.

Pertama, berkaitan salah bikin bendera Indonesia, Merah Putih di buku tips pembukaan SEA Games 2017 serta di koran setempat. Merilis dari akun @indozone. id itu yaitu pernyataan maaf dari pemerintah Malaysia atas insiden bendera Indonesia yang terbalik.

Atas kekhilafannya, pemerintah negerinya penyanyi Siti Nurhaliza itu berjanji juga akan bikin ulang buku tips SEA Games 2017 dengan berisi gambar bendera Indonesia dalam versus yang benar. Namun ketidaknyamanan tim Indonesia berlanjut sesudah insiden itu.

Beritanya Timnas U-22 kehabisan makanan di Hotel Royale Chulan waktu session makan malam. Waktu saatnya makan, cuma terlihat wadah-wadah kosong melompong tanpa ada makanan. Hanya satu yang dapat disantap yaitu sisa-sisa roti yang ada di meja sudut.

Cerita bermula kala VIVA.co.id ingin menyantap sajian di ruang makan Hotel Royale Chulan. Tak lama berselang, Dokter Timnas U-22, Syarief Alwi, datang untuk memeriksa menu makanan. Syarief terkejut saat melihat baki-baki makanan yang kosong. Dia memberitahu staf pelatih Timnas U-22 bahwa makanan sudah habis. Para pemain sudah terlanjur datang. Dan, mereka akhirnya harus menunggu makanan datang. Kami pun sempat menawarkan makanan kepada para pemain. Namun, mereka menolaknya. ⠀ “Harusnya ini tak boleh terjadi. Kami biasa makan jam segini (pukul 21.00 waktu setempat). Waktu jadi pemain, berlaga di Brunei, menu makanan sangat banyak dan orang se-Jakarta makan pun mungkin tak habis,” kata asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti Tukiman, kepada VIVA.co.id. Bima yang tak mau anak-anak asuhnya kelaparan kemudian berinisiatif mengambil roti yang tersisa. Alhasil, Hansamu Yama Pranata cs harus berebut roti demi mengganjal perut mereka. Masalah ini akhirnya teratasi setelah ofisial Timnas U-22 meminta kepada koki hotel untuk memasak makanan yang baru. Dalam 30 menit, makanan seperti pasta, ayam, dan lainnya keluar. (Source: Viva) ⠀ Follow, like, komentar dan tag temanmu untuk ikut bersama kita guys! #kamuharustau #indozone ➖➖➖ #indonesia #jakarta #medan #surabaya #bandung #jogja #makassar #bali #aceh #papua #kalimantan #sulawesi #video #indovidgram #love #instagood #photooftheday #tbt #cute #instadaily #followme #happy #follow #selfie #picoftheday #timnas #seagames2017 #malaysia

A post shared by INDOZONE – INDOZONEMEDIA (@indozone.id) on

Serta kekecewaan beda berulang sekali lagi. Diluar itu wasit asal Malaysia yang memimpin kompetisi sepak bola Indonesia VS Timor Leste juga memberi kartu kuning yang dipandang aneh pada Evan Dimas.

Masih tetap berlanjut, pro-kontra yang berlangsung di kompetisi sepak takraw mempertemukan Tim Putri Malaysia VS Tim Putri Indonesia pada Minggu (20/8/2017) sore. Ketentuan wasit dalam kompetisi sepak takraw itu dinilai tidak lumrah.

Karna jengkel dengan ketentuan wasit itu Tim Putri Indonesia lalu lakukan walk out. Juga, hasil ketentuan juri dalam final kompetisi panahan pada Indonesia lawan Malaysia dipandang menyangsikan.

Wah, cukup banyak kan, catatan merah Indonesia untuk Malaysia pada penyelenggaraan SEA Games 2017 ini? Pasalnya, satu diantara anak panah tim Malaysia dipandang masuk ke nilai 9. Tetapi tampak di video serta photo anak panah itu masuk ke lingkaran 8.

Berdasar pada ketentuan juri itu, jadi Malaysia memperoleh medali emas serta Indonesia memenangi medali perak di beregu putri.

5. Brunei

Berlangsung kekeliruan juga dalam bendera Brunei yang berada di papan score.

” OMG they put wrong Brunei’s flag too. I mean, are we neighbor? You guys really need to learn how to respect #ShameOnYouMalaysia ” tweet @Nicho_Lintang.

” OMG. Not only Indonesia but they put wrong Brunei’s flag too. I mean, are we neighbor??? #ShameOnYouMalaysia ” tweet @maymayrin.

Cermati baik-baik garis warna putih hitam yang semestinya berada di bendera Brunei. Namun di papan score tergambar garis putih merah hitam.

6. Vietnam

Dua negara paling akhir yang terasa dirugikan serta dicurangi oleh Malaysia bahkan juga sebelumnya gelaran pesta berolahraga ASEAN itu berjalan. Ini berkaitan masalah masalah karna Malaysia jadi tuan-rumah dilaporkan memperoleh kebebasan untuk pilih group.

Kelebihan tuan-rumah Malaysia dimaksud tidak mematuhi prinsip profesionalisme serta objektivitas berolahraga. Sontak, kebijakan itu menyebabkan memprotes dari negara peserta beda, seperti Vietnam serta Laos.

7. Laos

Sama dengan Vietnam, Laos juga memberi memprotes berkaitan kelebihan Malaysia untuk pilih group itu.
Merilis dari Kompas. com (3/7/2017) Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) lewat rapat dewan pada Sabtu (1/7/2017) di Nha Trang, Vietnam, setuju kirim petisi mengenai prosedur undian pada panitia pelaksana SEA Games 2017 Malaysia (Masoc).

Laos serta Vietnam menuntut supaya undian group sepak bola SEA Games 2017 dapat dikerjakan dengan adil.

Kata Kunci Halaman Ini:

sea games paling buruk

Baca Juga: