Vitamin Penambah Nafsu Makan Bayi 6 Bulan

Posted on

ArenaWanita.com | Vitamin Penambah Nafsu Makan Bayi 6 Bulan – Menambah nafsu makan pada bayi dan balita memang hal yang menyulitkan bagi para ibu. Tidak jarang pula, para ibu sangat kebingungan dan bahkan ada yang stress menghadapi bayinya yang susah makan.

Tentunya hal tersebut akan mengkhawatirkan bagi para ibu akan kecukupan nutrisi pada bayinya. Apalagi jika bayi anda memiliki kebiasaan memilih-milih makanan. Saat berusia 6 bulan, sudah saatnya bagi anda untuk memberikan makanan padat pada bayi anda sebagai pendamping ASI.

Di masa-masa inilah, anda harus lebih cermat untuk terus memperhatikan pola makan bayi anda. Anda bisa melakukan dengan memberikan bubur susu, sari buah, kemudian bertahap pada makanan yang bertekstur lebih padat seperti nasi tim atau yang lainnya. Namun, hal tersebut tentu tidak selalu berjalan mulus. Ada hal yang menyebabkan bayi anda menjadi susah makan. Kondisi demikian terjadi ketika usia bayi anda memasuki tahun pertama.

Kondisi demikian, biasa bayi akan menolak makanan. Mulai tidak menyukai sayuran dan hanya mau makan makanan yang itu-itu saja. Jikalau mau, bayi hanya mendiamkan makanannya di dalam mulutnya tanpa dikunyah atau ditelan. Dengan begitu, akan membuat para ibu akan merasa khawatir akan asupan nutrisi pada bayinya. Karena masih dalam tahap usia tumbuh kembang.

Ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua dalam usahanya membentuk pola makan sehat pada bayi anda, yaitu jumlah, jenis, dan jadwal makan. Terkait dengan tiga hal tersebut, jumlah makanan bagi bayi anda hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan energi serta zat gizi pada bayi anda sesuai dengan usia dan kondisinya. Jenis makanannya pun harus bervariasi.

Vitamin Penambah Nafsu Makan Bayi 6 Bulan

Anda para orang tua, harus membiasakan diri untuk menyediakan makanan yang beragam dan bervariasi yang di dalamnya terdiri dari makanan pokok sebagai sumber energi, lauk pauk yang merupakan sumber protein, serta lemak, sayur, buah yang merupakan vitamin penambah nafsu makan bayi 6 bulan dan juga sumber mineral, ditambah dengan susu yang merupakan sumber protein dan kalsium. Dan terakhir, yakni penjadwalan makan pada bayi anda bahwa anda harus membuat jadwal makan yang teratur. Hal ini dilakukan untuk memastkan asupan energi serta zat gizi pada di setiap waktu tertentu.

Cara yang bisa anda lakukan untuk menambah nafsu makan pada bayi anda yaitu :

  • Bayi memang belum memiliki nafsu makan yang kuat. Untuk itu, mereka tidak mau makan dalam sehari sebanyak 3 kali. Supaya bayi anda selalu mendapat asupan gizi yang cukup, tentu anda harus mengatur jadwal makannya.
  • Lakukan pengawasan pada asupan cairan pada bayi anda. Dengan memberikan susu kepada bayi anda secara berlebihan, maka perut pada bayi anda tidak akan muat untuk anda berikan makanan pendampingnya. Untuk itulah anda perlu membatasi asupan cairan pada bayi anda.
  • Ubahlah menu makannya di setiap harinya. Dengan begitu anda bisa meningkatkan nafsu makannya. Jangan berikan jenis makanan yang sama secara terus menerus pada bayi anda.

Kata Kunci Halaman Ini:

vitamin untuk bayi 6 bulan, vitamin penambah nafsu makan bayi 7 bulan, vitamin untuk bayi, vitamin untuk bayi 6 bulan keatas, penambah nafsu makan bayi, vitamin nafsu makan untuk bayi, vitamin penambah nafsu makan bayi, cara menambah nafsu makan pada bayi, vitamin penambah nafsu makan bayi 8 bulan, vitamin buat bayi 6 bulan

Baca Juga: