Ternyata Warna Baju Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur Anda

Posted on

ArenaWanita.com | Warna Baju Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur – Anda sering merasa lelah dan mengantuk disiang hari ataupun seringkali kehilangan daya ingat dan konsentrasi? Bila iya, anda patut waspada karena hal tersebut merupakan salah satu gejala anda telah mengalami insomnia.

Insomnia sendiri adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk tetap tertidur. Biasanya penderita insomnia seringkali terbangu dimalam hari, sulit untuk tidur kembali dan merasa lelah setelah bangun tidur.

Insomnia bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya stress, menderita sakit, mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mengganggu tidur, terganggunya jadwal tdur serta faktor lingkungan seperti bising, perubahan cahaya dan suhu yang ekstrim hingga menyebvabkan terganggunya kondisi saat akan tidur.

Tak hanya itu, insomnia ternyata juga dapat dipicu oleh warna yang ada di sekeliling seseorang. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Pop menyebutkan, bahwa warna dominan disekitar tempat tidur termasuk warna cat kamar dan baju yang dikenakan oleh seseorang saat akan tidur, akan berhubungan langsung dengan siklus tidur seseorang. Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa baju yang berwarna gelap justru dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur.

Hal ini disebabkan karena warna gelap dapat menimbulkan ilusi oftik yang dapat mengurangi produksi hormon melatonin yaitu senyawa yang mengatur pola tidur manusia setiap harinya. Dan warna apa sajakah yang dapat membuat tidur anda semakin berkualitas dan menjauhkan anda dari insomnia. Berikut Informasinya.

Warna Biru Membuat Tidur Lelap Selama 7 Jam 52 Menit

Jika anda penggemar segala sesuatu yang berwarna biru hingga anda sering menggunanakan baju berwarna biru saat akan tidur, anda patut mempertahankan kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan warna biru ternyata mampu membuat seseorang tidur lelap hingga selama 7 jam 52 menit setiap harinya. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh travelozi terhadap 2 ribu orang dengan gangguan insomnia di Inggris. Seorang pakar dari Edinburgh menyebutkan, bahwa dalam retina manusia terdapat sel gang lion yang sangat sensitif terhadap warna biru.

Warna Biru Membuat Tidur Lelap Selama 7 Jam 52 Menit

Sel ini kemudian mengirimkan sinyal-sinyal positif kebagian otak yang memproduksi hormon melatonin yaiutu hormon yang bertugas mengatur pola tidur manusia. Selain mengenakan baju berwarna biru, mengecat dinding kamar dengan menggunakan warna biru juga dipercaya dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang, denyut jantung menjadi lebih lambat serta tekanan darah berkurang hingga membuat tidur menjadi lebih nyaman. Dari penelitian yang dilakukan seseorang yang tidur dengan menggunakan baju berwarna biru dan diruangan bernuansa biru, pada saat bangun tidur perasaannya menjadi lebih tenang dan pikirannya pun menjadi lebih positif.

Warna Kuning Membuat Tidur Lelap Selama 7 Jam 40 Menit

Sama halnya dengan warna biru, memakai baju berwarna kuning saat tidur juga dapat membuat tidur anda menjadi lebih lelap hingga mencapai 7 jam 40 menit setiap harinya. Meskipun warna kuning seringkali dianggap sebagai warna yang dapat membangkitkan energi. Namun menurut penelitian dari travelozi, warna kuning mampu menciptakan atmosfir hangat dan nyaman serta dapat menstimulasi saraf hingga membuat tubuh menjadi lebih rilek.

Warna Kuning Membuat Tidur Lelap Selama 7 Jam 40 Menit

Dengan begitu tidur pun menjadi lebih lelap. Warna kuning merupakan pilihan terbaik untuk dipakai pada kamar tidur anak-anak, karena memberikan kesan hangat dan cerah.

Warna Hijau Membuat Tidur Lelap Selama 7 jam 36 Menit

Tak jauh Dari warna kuning, memakai baju berwarna hijau saat tidur juga membuat anda semakin berkualitas. Warna hijau yang memiliki efek menenangkan membuat seseorang dapat tidur terlelap hingga 7 jam 36 menit setiap malamnya. Menurut psikologi warna, warna hijau sendiri dipercaya mampu menciptakan efek keseimbangan rileks dan juga kedamaian.

Warna Hijau Membuat Tidur Lelap Selama 7 jam 36 Menit

Warna Orange Membuat Tidur Lelap Selama 7 Jam 28 Menit

Warna orange seringali menggambarkan antusiasme, kegembiraan dan kerap menimbulkan energi. Dalam budaya kuno pengaturan kamar dengan memakai warna orange, dipercaya dapat menyembuhkan paru-paru, strees dan meningkatkan energi. Sayangnya dalam penelitian yang dilakukan oleh travelozi terhadap warga Inggris, penggunaan baju orange ataupun tidur dalam ruangan bernuansa orange hanya mampu membuat tidur anda terlelap selama 7 jam 28 menit saja setiap harinya.

Warna Orange Membuat Tidur Lelap Selama 7 Jam 28 Menit

Untuk itu penggunaan baju berwarna orange sebaiknya dikurangi pada saat tidur. Sentuhan warna orange sebaiknya dipakai diruang tamu dan diruang kerja, hingga dapat menumbuhkan perasaan positif, nyaman serta meningkatkan produktivitas.

Warna Merah Membuat Tidur Hanya Selama 6 Jam

Warna merah seringkali dianggap sebagai warna yang mampu merangsang dan memiliki banyak energi, hingga dapat meningkatkan keyakinan diri bahkan mampu meningkatkan nafsu makan. Warnanya yang dinamis dapat menghasilkan ilusi fantasi, hingga membuat orang yang memakai baju berwarna merah semakin percaya diri. Namun sayang karena warnanya yang mencolok, pemakaian berlebihan diseluruh ruangan akan menimbulkan kesan marah atau ambisius. Oleh karena itu, pemakaian warna merah dalam kamar tidur sebaiknya dihindari. Memakai baju berwarna merah pada saat tidur akan membuat tidur anda menjadi kurang nyenyak. Bahkan penelitian lain menyebutkan, bahwa warna merah dalam kamar tidur akan mengurangi keintiman pada pasangan.

Warna Ungu Membuat Tidur Hanya 5 Jam 56 Menit

Warna yang sebaiknya dihindari pada sat akan tidur adalah warna ungu. Dari penelitian yang dilakukan terhadap beberapa warga di Inggris, didapatkan bahwa orang yang tidur dengan bernuansa warna ungu, rata-rata hanya mendapatkan waktu tidur selama 5 jam 56 menit saja dalam semalam. Hal ini disebabkan, karena warna ungu adalah warna yang secara mental merangsang otak tetap aktip hingga membuat otak tidak dapat beristirahat. Padahal warna ungu dipercaya dapat menimbulkan kesan mewah pada kamar tidur.

Warna Ungu Membuat Tidur Hanya 5 Jam 56 Menit

Warna ungu yang termasuk dalam kategori warna gelap dianggap terlalu suram dan menyedihkan serta memiliki hubungan yang kuat dengan alam bawah sadar seseorang. Warna ungu akan merangsang kreativitas di alam bawah sadar, sehingga membuat yang orang tidur dengan memakai baju berwarna ungu akan merasa lelah pada saat bangun tidur karena mengalami mimpi buruk dimasa lalu.

Baca juga:

Nah, agar tidur anda lebih berkualitas ada baiknya anda mengatur kamar tidur dan juga baju tidur anda dengan nuansa warna yang dapat membantu pikiran anda menjadi lebih tenang dan rileks hingga tidurpun lebih lelap. Semoga informasi diatas tadi dapat Bermanfaat bagi anda.

Kata Kunci Halaman Ini:

gaun tidur merangsang, Obat tidur warna orange, baju tidur merangsang, Kenapa kalau tidur tak boleh pakai baju hitam, jika tidur tidak boleh memakai baju warna merah kuning dan hitam, baju kuning kunyit, apakah baju berwarna tidak bolwh di bawa tidur, baju tidur warna hijau, warna yg buat lelap bila tdr, baju yang dilarang saat tidur

Baca Juga: