Waspada Bahaya Polusi Udara Di Dalam Ruangan

Posted on

ArenaWanita.com | Bahaya Polusi Udara Di Dalam Ruangan – Di Negara maju seperti Amerika Serikat, sebagian besar penduduknya menghabiskan waktu sekitar 90 persen di dalam ruangan. Mereka menyadari betul bahwa polusi udara di luar ruangan sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.

Namun, yang tidak banyak diketahui adalah bahwa polusi di dalam ruangan juga sama berbahayanya dengan polusi udara di luar ruangan.

Sebuah studi mengenai Environmental Protection Agency (EPA) telah membuktikan bahwa level polutan di dalam sebuah ruangan dapat mencapai 2 sampai 5 kali, bahkan kadang-kadang dapat mencapai 100 kali lebih tinggi dari polutan yang berkembang di luar ruangan.

Polutan udara yang berkembang di dalam ruangan sangat beresiko merugikan pada kesehatan manusia, bahkan kabarnya telah tergolong sebagai 5 besar yang terburuk. Gejala yang timbul saat ini memang tidak terasa secara langsung, atau tidak disadari.


Polutan dalam ruangan akan bertambah buruk jika jendela maupun pintu tertutup rapat. Ketika udara dari luar yang masuk ke dalam ruangan sangat sedikit, polutan akan menambah masalah resiko kesehatan dan juga kenyamanan kecuali jika ruangan tersebut dibangun dengan sistem ventilasi yang cukup.

Waspada Bahaya Polusi Udara

Sumber Polusi Dalam Ruangan

Sumber utama penyebab polusi udara di dalam ruangan adalah gas atau partikel yang terlepas ke udara kemudian memperburuk kualitas udara dalam ruangan. Minimnya ventilasi tidak cukup membawa udara luar untuk mengurangi level polutan di dalam ruangan. Padahal, udara dari luar sangat dibutuhkan untuk mengurangi emisi di dalam ruangan. Ventilasi ini sangat berfungsi sebagai sirkulator udara yang dapat membawa polutan ke luar ruangan.

Bahaya Polusi Udara

Sebenarnya ada banyak sumber polusi di dalam rumah, seperti pembakaran minyak, gas, mesin pemanas atau pendingin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hubungan yang terjalin antara sumer polusi dengan polutan bergantung pada seberapa berbahayanya emisi dalam ruangan dan seberapa luas polusi udara (polutan) itu terpancar. Contoh kecilnya adalah sebuah kompor gas dapat memancarkan zat karbon monoksida yang lebih besar jika tidak diatur dengan benar.

Anak-Anak Sangat Rentan

Anak-anak menjadi orang yang sangat rentan terkena dampak buruk polusi udara. Hal ini dikarenakan anak-anak bernafas dengan volume yang lebih besar dibandingkan dengan berat badan mereka. Hal ini diperburuk dengan kondisi sekolah yang cenderung memiliki kualitas ruangan yang buruk. Sekolah pada umumnya kurang memperhatikan kualitas udara di sekitarnya.

Baca juga:

Kegagalan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dengan sistem udara yang baik dapat berpengaruh pada kesehatan manusia, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Seharusnya setiap sekolah dapat menjaga kualitas sekolah agar memberikan kenyamanan pada murid, guru, dan semua warga sekolah yang lainnya.

Disamping itu, masalah kualitas udara ini juga tidak terbatas pada rumah-rumah dan gedung sekolah, melainkan gedung perkantoran yang memiliki sumber polutan yang signifikan. Pemeliharaan kualitas udara dalam ruangan sangat penting diwujudkan oleh semua orang.